Halaman

Selasa, 28 Januari 2014

Apakah Syi’ah di Indonesia Sesat ???


      Bismillah, alhamdulillah washsholatu wassalamu ‘ala Nabiyyina Muhammad Shallalllohu 'Alaihi wa Sallam, wa ‘ala aalihi wa shohbihi ajma’in, amma ba’du.
Dewasa ini semakin nampak dan marak aktivitas-aktivitas agama syi’ah. Bahkan sempat beberapa kali terjadi kerusuhan/ bentrok antar warga. Tidak heran hal itu terjadi, karena notabene penduduk negeri kita adalah sunni (Ahlus Sunnah wal Jama’ah) yang tentunya antara kedua golongan tersebut tak mungkin bersatu selamanya, disebabkan aqidah dasar dari keduanya berbeda jauh, bagaikan langit dan bumi. Upaya pendekatan sunni dan syi’ah hanyalah isapan jempol belaka. Tak mungkin keduanya bersatu melainkan salah satu di antara keduanya harus mencopot aqidahnya.
Sebenarnya, dimana letak perbedaan antara sunni dan syi’ah? Apakah syi’ah benar-benar aliran sesat dan menyesatkan, atau hanya berkutat pada perbedaan madzhab saja?
Saudaraku,
Hendaknya, setiap ada permasalahan yang menyangkut agama kita kembali kepada Al-Qur`an dan As-Sunnah -sebagai pedoman hidup seorang muslim-. Ketika kita belum menemukan jawabanya, maka kita kembali pada perkataan para ulama -sebagai pewaris para nabi-, tentunya para ulama yang berpegang teguh pada agamanya; berilmu dan beramal dengan ilmunya. Jangan sampai kita komentar dengan kebodohan kita, atau bahkan debat kusir dengan lawan bicara kita.
Alhamdulillah, negara kita adalah negara hukum, dan para ulama di negeri ini pun tidak tinggal diam melihat keadaan umatnya. Kita berharap bentrokan-bentrokan serupa tidak terjadi lagi dan NKRI kita tetap utuh.

Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI Pusat) Tentang Kriteria Sesat
Majelis Ulama Indonesia, perananya sebagai pengayom umat -menjaga nilai-nilai Islam dan melindungi umat dari setiap faham dan aliran yang menyimpang- telah menetapkan beberapa kriteria yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui apakah suatu faham atau aliran keagamaan sesat. Ada 10 (sepuluh) kriteria yang menujukan bahwa suatu faham atau aliran sesat, yaitu:
1.      Mengingkari salah satu rukun dari rukun iman yang 6 (enam) yakni beriman kepada Allah, kepada Malaikat-Nya, kepada kitab-kitab-Nya, kepada Rasul-rasul-Nya, kepada Hari Akhirat, kepada Qadla dan Qadar dan rukun Islam yang 5 (lima) yakni mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan, menunaikan ibadah haji.
2.      Meyakini dan atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan dalil syar’i (Al-Qur`an dan As-Sunah);
3.      Meyakini turunya wahyu setelah Al-Qur`an;
4.      Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Al-Qur`an;
5.      Melakukan penafsiran Al-Qur`an yang tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir;
6.      Mengingkari kedudukan hadits nabi sebagai sumber ajaran Islam;
7.      Menghina, melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul;
8.      Mengingkari Nabi Muhammad Shallalllohu 'Alaihi wa Sallam sebagai Nabi dan Rasul terakhir;
9.      Merubah, menambah dan atau mengurangi pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh Syari’ah, seperti haji tidak boleh ke baitullah, shalat fardu tidak 5 waktu.
10.  Mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar’i, seperti mengkafirkan muslim hanya karena bukan kelompoknya.(1)
Adapun Kriteria Aliran Sesat menurut keputusan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh tahun 2009 menetapkan kriteria yang sama dengan keputusan MUI Pusat dengan menambah 3 kriteria baru yaitu:
a.       Meyakini atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan I’tiqad Ahlus Sunnah wal Jama’ah;
b.      Melakukan pensyaratan terhadap hadits tidak berdasarkan kaidah-kaidah ilmu Musthalah Hadits;
c.       Menghina dan atau melecehkan para Shahabat Nabi Muhammad Shallalllohu 'Alaihi wa Sallam.(2)

Letak Penyimpangan Syi’ah
            Apabila kita merujuk kepada Al-Qur`an dan As-Sunnah, perkataan para ulama dan poin-poin kriteria sesat versi MUI maka akan kita dapati beberapa letak kesesatan faham syi’ah di Indonesia, di antaranya:
1.      Penyimpangan Faham Tentang Orisinalitas Al-Qur`an
Mereka meyakini bahwa Al-Qur`an sekarang sudah tidak orisinil; telah mengalami distorsi, penambahan dan pengurangan. Bahwasanya Al-Qur`an yang asli adalah yag dikumpulkan oleh Ali radliallohu 'anhu mencapai 17.000 ayat yang beliau simpan, dan sepeninggalnya transkrip Qur`an tersebut diberikan kepada para imam yang juga menyembunyikanya hingga saat ini. Sampai datangnya al-Qaim (Mahdi), pada saat itu barulah al-Qaim membacakannya kepada manusia.
2.      Penyimpangan Faham Tentang Ahlul Bait Rasul Shallalllohu 'Alaihi wa Sallam dan Mengkafirkan Shahabat Nabi
·         Penggunaan mereka istilah Ahlul Bait hanyalah pembajakan kepada Ahlu Bait Rasulullah Shallalllohu 'Alaihi wa Sallam dan hanya untuk mengelabuhi kaum sunni.
·         Mereka mengkafirkan seluruh Shahabat kecuali sedikit yang tidak kafir,
·         Melecehkan dan menuduh istri Nabi ‘Aisyah radliallohu 'anha dengan tuduhan keji dan zina (padahal Alloh Subhanahu wa Ta'ala telah mensucikan Ibunda kita dari tuduhan tersebut, lihat: Q.S. An-Nur: 11),
·         Melaknat Abu Bakar dan Umar bin Khattab menjadi santapan mereka dan menganggap keduanya telah berhianat atas wasiat Nabi untuk menunjuk Ali bi Abi Thalib sebagai khalifah setelah baginda Nabi wafat. Mereka menganggap Abu Bakar dan Umar radliallohu 'anhuma sebagai berhala Quraisy.
·         Menyamakan Abu Hurairah dengan Paulus yang telah merubah teologi Kristen, dll.
Padahal Alloh 'Azza wa Jalla telah berfirman:
{ وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ }
Artinya: “Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Alloh ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Alloh, dan Alloh menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.” [Q.S. At-Taubah: 100]

3.      Penyimpangan Faham Syi’ah Mengkafirkan Umat Islam
Dalam hal ini mereka meyakini bahwa umat Islam selain Syi’ah adalah anak pelacur, kafir  dan kekal di neraka tidak ada yang bisa memberinya syafa’at.
4.      Penyimpangan Faham Tentang Kedudukan Imam Syi’ah
Ajaran mereka menyatakan bahwa para imam mereka memiliki derajat yang lebih tinggi dari para nabi dan rasul.
5.      Penyimpangan Faham Tentang Hukum Nikah Mut’ah
Menurut Syi’ah, nikah mut’ah boleh bahkan akan mendapatkan pahala yang besar. Boleh dengan wanita yang bersuami (asal ngaku tidak punya suami) atau bahkan dengan pelacur. Padahal kebolehan nikah mut’ah telah dihapus (mansukh) pada saat perang Khaibar (Lihat: Fathul Baari, juz 7 hlm. 498/Maktabah Syamilah)(3)

Tabel Penyimpangan Ajaran Syi’ah dari Ajaran Ahlus Sunah(4)
NO
PERIHAL
SUNNI
SYI’AH
1
Rukun Islam
1. Syahadatain
2. Shalat
3. Puasa
4. Zakat
5. Haji
1. Shalat
2. Puasa
3. Zakat
4. Haji
5. Wilayah
2
Rukun Iman
1. Iman kepada Alloh
2. Iman kepada Malaikat-Nya
3. Iman kepada kitab-kitab-Nya
4. Iman kepada Rasul-Nya
5. Iman kepada Hari Akhir
6. Iman kepada Qadla dan Qadar
1. Tauhid
2. Nubuwwah
3. Imamah
4. Al-‘Adl
5. Al-Ma’ad
3
Syahadat
Dua kalimat syahadat
Tiga kalimat syahadat (ditambah menyebut 12 imam)
4
Imam
Percaya kepada imam-imam bukan rukun iman (imam tidak terbatas)
Percaya kepada 12 imam mereka, termasuk rukun iman
5
Khilafah
Khulafa` Rasyidin adalah Khulafa` yang sah
Khulafa` Rasyidin selain Ali tidak sah
6
Ma’shum
Khalifah (imam) tidak ma’shum
Para imam adalah ma’shum
7
Shahabat
Dilarang mencaci shahabat
Mencaci para shahabat dan menganggap para shahabat banyak yang murtad
8
Istri Rasul
1. Sayyidah ‘Aisyah sangat dihormati
2. Para istri Rasul termasuk Ahlul Bait
1. Sayyidah ‘Aisyah dicaci maki
2. Para istri Rasul bukan Ahlul Bait
9
Al-Qur`an
Tetap orisinil
Sudah diubah oleh para sahabat
10
Hadits
1. Sahih Bukhari
2. Sahih Muslim
3. Sunan Abu Daud
4. Sunan At-Tirmidzi
5. Sunan Ibnu Majah
6. Sunan An-Nasa`i
1. Al-Kaafi
2. Al-Istibshor
3. Man laa Yahdhuruhu Al-Faqih
4. At-Tahdzib
11
Surga dan Neraka
Surga diperuntukkan bagi orang-orang yang taat kepada Alloh dan Rasul-Nya.
Neraka diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak taat kepada Alloh dan Rasul-Nya.
Surga diperuntukkan bagi orang-orang yang cinta kepada Imam Ali.
Neraka diperuntukkan bagi orang-orang yang memusuhi Imam Ali.
12
Raj’ah
Tidak ada aqidah raj’ah
Meyakini aqidah raj’ah
13
Imam Mahdi
Imam Mahdi adalah sosok yang akan membawa keadilan dan kedamaian
Imam Mahdi kelak akan membangunkan Rasulullah, Imam Ali, Siti Fatimah serta Ahlul Bait yang lain.
Selanjutnya membangukan Abu Bakar, Umar dan ‘Aisyah. Kemudian ketiga orang tersebut disiksa.
14
Mut’ah
Haram
Halal dan dianjurkan
15
Khamr
Tidak suci/najis
Suci
16
Air
Air yang telah dipakai istinja` (cebok) najis
Air yang telah dipakai istinja` (cebok) suci
17
Shalat
1. Meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri hukumnya sunnah.
2. Membaca Amin sunnah.
3. Shalat Dhuha sunnah.
1. Meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri hukumnya membatalkan shalat.
2. Membaca Amin membatalkan shalat.
3. Shalat Dhuha tidak dibenar-kan.

Para pembaca yang budiman,
            Kini telah jelas hakekat kesesatan syi’ah di negeri kita tercinta, dan semakin jelas bahwa perbedaan antara sunni syi’ah tidak hanya pada permasalahan beda madzhab, tapi sudah menyangkut beda agama.
Sudah seharusnya kita mewaspadai setiap pergerakan mereka. Jangan sampai kita atau saudara-saudara kita terjerat oleh tipu daya mereka, dan jangan sampai negara kita menjadi porak-poranda sebagaimana negara-negara timur tengah akibat ulah mereka, na’udzu billah...(5)


                                                                                    Kebumen, 16 Rabi’ul Awwal 1435
                                                                                                      17      Januari        2014
                                                                                                 


                                                                                                Nopi Indrianto, B.Sh., M.H.


(1) Fatwa MUI Pusat Tahun 2007 Tentang Pedoman Identifikasi Aliran Sesat, Bab VI Kriteria Sesat (Dikutip dari: Fatwa MUI Provinsi Jawa Timur Tentang Kesesatan Ajaran Syi’ah, hlm. 79-80 (cet. Pustaka al-Umm, Tahun 2012))
(2) Dikutip dari: Mengenal & Mewaspadai Penyimpangan Syi’ah di Indonesia, hlm. 122 (Tim Penulis MUI Pusat)
(3) Diringkas dari: Mengenal & Mewaspadai Penyimpangan Syi’ah di Indonesia, hlm.45-84 dengan sedikit penambahan.
(4) Dikutip dari: Mengenal & Mewaspadai Penyimpangan Syi’ah di Indonesia, hlm.85-87
(5) Situs yang disarankan: http://www.gensyiah.com

2 komentar:

  1. 4 IMAM MADZHAB
    sikap Abu Hanifah terhadap sekte ini:
    ﻭﺫﻛﺮ ﺍﻟﺴﺒﻜﻲ ﺃﻥ ﻣﺬﻫﺐ ﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﺃﺣﺪ ﺍﻟﻮﺟﻬﻴﻦ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ
    ﻭﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﻄﺤﺎﻭﻱ ﻓﻲ ﻋﻘﻴﺪﺗﻪ ﻛﻔﺮ ﺳﺎﺏ ﺃﺑﻲ ﺑﻜﺮ ، ﻓﺘﺎﻭﻯ
    ﺍﻟﺴﺒﻜﻲ 2/590 ‏) . ﻭﻗﺪ ﺫﻛﺮ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻔﺘﺎﻭﻯ ﺃﻥ ﺳﺐ ﺍﻟﺸﻴﺨﻴﻦ
    ﻛﻔﺮ ﻭﻛﺬﺍ ﺇﻧﻜﺎﺭ ﺇﻣﺎﻣﺘﻬﻤﺎ ." ﻭﻛﺎﻥ ﺃﺑﻮ ﻳﻮﺳﻒ ﺻﺎﺣﺐ ﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻳﻘﻮﻝ :
    " ﻻ ﺃﺻﻠﻲ ﺧﻠﻒ ﺟﻬﻨﻤﻲ ﻭﻻ ﺭﺍﻓﻀﻲ ﻭﻻ ﻗﺪﺭﻱ . ﺍﻧﻈﺮ ﺷﺮﺡ ﺃﺻﻮﻝ
    ﺍﻋﺘﻘﺎﺩ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻟﻺﻣﺎﻡ ﺍﻟﻼﻟﻜﺎﺋﻲ 4 / 733
    Imam As-Subki menyebutkan bahwa madzhab
    Abu Hanifah dan salah satu pendapat syafi’I
    dan yang lahir dari Ath-Thahawi dalam
    akidahnya adalah kekufuran orang yang
    mencela Abu Bakar. (Fatawa As-Subki 2/590)
    Dan Imam As-Subki juga menyebutkan bahwa
    mencela asy-syaikhani (Abu Bakar dan
    Umar)adalah kekufuran, demikian pula jika
    mengingkari kepemimpinan mereka berdua. “
    Dan Abu Yusuf, sahabat Abu Hanifah berkata,
    “Aku tidak shalat di belakang penganut
    jahmiyyah dan tidak pula syiah rafidhah dan
    juga qadariyyah (pengingkar takdir). “ lihat
    Syarh Ushul I’tiqad Ahlissunnah wal Jama’ah
    karya Imam Al-Lalika’i.

    Pernyataan Imam Abu Hanifah rahimahullah

    ﺃَﺻْﻞُ ﻋَﻘِﻴﺪَﺓِ ﺍﻟﺸِّﻴﻌَﺔِ : ﺗَﻀْﻠِﻴﻞُ ﺍﻟﺼَّﺤَﺎﺑَﺔِ، ﺭِﺿْﻮَﺍﻥُ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢِ
    Landasan akidah Syi’ah adalah menyesatkan para
    sahabat ridhwanullah ‘alaihim.
    Pernyataan ini diriwayatkan oleh al-Baihaqi dari
    Abu Hanifah rahimahullah .


    Pernyataan Imam Malik bin Anas rahimahullah

    Kemudian al-Imam Malik berkata: “Barang siapa
    yang ada pada hatinya kedengkian (benci
    ataupun marah-pen) terhadap para sahabat
    Muhammad ‘ alaihissalam maka ayat ini (surat al-
    fath ayat 29-pen) telah mengenainya.” (as-
    Sunnah karya al-Khallal no. 765 versi al-
    Maktabah asy-Syamilah)

    Pernyataan Imam asy-Syafi’i rahimahullah

    ﻟَﻢْ ﺃَﺭَ ﺃَﺣَﺪﺍً ﻣِﻦْ ﺃَﺻْﺤَﺎﺏِ ﺍﻟْﺄَﻫْﻮَﺍﺀِ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺑِﺎﻟﺰُّﻭﺭِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺮَّﺍﻓِﻀَﺔِ
    Aku belum pernah melihat suatu kaum yang
    paling berani bersaksi dengan kedustaan melebihi
    Rafidhah.
    Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam Hilyatul
    Auliya’.

    Pernyataan Imam Ahmad rahimahullah

    Siapakah Rafidhah itu?
    Al-Imam Ahmad menjawab:
    ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻳَﺸْﺘُﻢُ ﻭَﻳَﺴُﺐُّ ﺃَﺑَﺎ ﺑَﻜْﺮٍ ﻭَﻋُﻤَﺮَ ﺭَﺣِﻤَﻬُﻤَﺎ ﺍﻟﻠﻪ
    Orang yang mencela Abu Bakar dan Umar
    rahimahumallah. (as-Sunnah karya al-khallal:
    787)
    ﻣَﻦْ ﺷَﺘَﻢَ ﺃَﺧَﺎﻑُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟْﻜُﻔْﺮَ ﻣِﺜْﻞُ ﺍﻟﺮَّﻭَﺍﻓِﺾِ ، ﺛﻢ ﻗﺎﻝ : ﻣَﻦْ ﺷَﺘَﻢَ ﺃَﺻْﺤَﺎﺏَ
    ﺍﻟﻨَّﺒِﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻟَﺎ ﻧَﺄْﻣَﻦُ ﺃَﻥْ ﻳَﻜُﻮﻥَ ﻗَﺪْ ﻣَﺮَﻕَ ﻋَﻦِ ﺍﻟﺪِّﻳﻦِ
    Barang siapa yang mencela (sahabat Nabi
    shallallahu ‘alaihi wa sallam) maka aku aku
    mengkhawatirkan kekafiran padanya seperti
    kalangan Rafidhah. Kemudian berkata lagi:
    Barang siapa yang mencela sahabat Nabi
    shallallahu ‘alaihi wa sallam maka kita
    khawatirkan ia telah keluar dari agama. (as-
    Sunnah karya al-Khallal: 790)
    Pernah disampaikan kepada al-Imam Ahmad
    tentang orang yang mencela Utsman bin ‘Affan
    radhiyallahu ‘anhu , maka beliau menjawab:
    ﻫﺬﻩ ﺯَﻧْﺪَﻗَﺔ
    Ini adalah zindiq. (as-Sunnah karya al-Khallal:
    791)
    Kemudian al-Khallal mendengar langsung dari
    Abdullah bin Ahmad bin Hambal:
    “Aku bertanya kepada ayahku tentang orang yang
    mencela salah seorang sahabat Nabi shallallahu
    ‘alaihi wa sallam. Kemudian beliau (al-Imam
    Ahmad) menjawab:
    ﻣَﺎ ﺃَﺭَﺍﻩُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺈِﺳْﻠَﺎﻡِ
    Aku memandangnya tidak di atas Islam. (as-
    Sunnah karya al-Khallal: 792)
    Al-Imam Ahmad mengatakan:
    ﻣَﻦْ ﺗﻨﻘﺺ ﺃَﺣَﺪًﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﺻْﺤَﺎﺏِ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓَﻠَﺎ ﻳَﻨْﻄَﻮِﻱ
    ﺇِﻟَّﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺑَﻠِﻴَّﺔ ، ﻭَﻟَﻪُ ﺧَﺒِﻴﺌَﺔُ ﺳُﻮﺀٍ ، ﺇِﺫَﺍ ﻗَﺼَﺪَ ﺇِﻟَﻰ ﺧَﻴْﺮِ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ، ﻭَﻫُﻢْ ﺃَﺻْﺤَﺎﺏُ
    ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ
    Barang siapa yang merendahkan salah seorang
    sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
    maka tidaklah ia akan terguling kecuali di atas
    musibah (kesulitan dan kesempitan). Dan ada
    padanya sesuatu keburukan yang tersembunyi,
    yaitu ketika yang ia tuju (dengan celaanya itu-
    pen) adalah orang-orang terbaik, yaitu mereka
    adalah para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi
    wa sallam. (as-Sunnah karya al-Khallal: 763)

    BalasHapus